Cara Merawat Towel Agar Awet dan Tahan Lama

By Sriningsih

Towel merupakan perlengkapan penting yang harus disediakan di rumah. Towel berguna untuk mengelap dan mengeringkan badan sehabis mandi, mencuci tangan, menyeka keringat setelah berolahraga. Agar towel Anda tetap terjaga dengan baik, berikut beberapa cara merawat towel yang bisa Anda perhatikan.

Bagaimana Cara Merawat Towel Agar Awet?

  • Hindari Menyetrika Towel

Menyetrika towel akan merusak serat towel. Apalagi jika Anda mengatur suhu pada pengaturan maksimal. Sebaiknya jangan terlalu sering menyetrika towel agar seratnya bisa bertahan lama.

Setelah dicuci dan dikeringkan, lipat towel dengan rapi dan simpan di lemari. Tumpukan towel yang cukup berat secara otomatis akan menghaluskan permukaan towel tanpa Anda perlu menyetrikanya.

  • Cuci Towel Secara Teratur

Pastikan untuk mencuci towel secara teratur agar tetap bersih dan tidak berjamur. Setidaknya mencuci towel setiap minggu atau bahkan setiap dua hari sekali. Jika tidak, towel akan menjadi tempat yang sangat baik bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

  • Hindari Menggunakan Pelembut

Sebelum dicuci, Anda bisa merendamnya dalam larutan air lemon, cuka sari apel dan air selama beberapa saat. Campuran ini dapat melembutkan serat towel sekaligus memberikan keharuman yang tahan lama.

Hindari terlalu sering menggunakan parfum dan pelembut kain untuk towel. Karena bahan kimia dalam wewangian dapat merusak towel dan membuat permukaan menjadi kasar

  • Hindari Mengeringkan Towel Terlalu Lama

Towel yang dijemur terlalu lama akan membuat teksturnya menjadi kasar atau keras. Keringkan towel dengan waktu yang cukup. Jika Anda mengeringkan dalam mesin pengering, atur tingkat pengeringan ke suhu atau siklus minimum. Suhu panas akan merusak serat kapas.

Proses pengeringan towel yang paling baik adalah dengan cara dijemur dan diangin-anginkan. Dengan cara ini, kelembutan serat akan tetap terjaga. Tapi ingat, keringkan towel sepenuhnya. Towel yang tidak kering maksimal, akan menyerap bau tak sedap dan memiliki tekstur tajam yang menusuk kulit.

  • Proses Mencuci Towel

Jika Anda ingin towel Anda tetap bersih dan halus, cuci dengan air dingin. Suhu air yang rendah dapat menjaga warna towel tetap bagus, menghilangkan noda atau kotoran pada towel dengan lebih baik, dan sangat efektif untuk mencegah penyusutan serat kain towel.

Pastikan juga menggunakan deterjen yang cukup. Terlalu banyak deterjen dapat membuat towel sulit untuk dibilas. Sedangkan jika sulit dibilas, noda atau kotoran yang terperangkap di dalamnya juga akan sulit dihilangkan.