Cara Efektif Basmi Rayap Sampai Tuntas

Rayap adalah salah satu hama yang paling umum di rumah karena memakan kayu. Mereka dapat merusak dinding, kusen, lemari, dan barang lain yang terbuat dari kayu. Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk menghilangkan rayap di rumah. 

1. Perbanyak Ventilasi untuk Sirkulasi Udara

Apakah Anda tahu bahwa rayap sangat menyukai tempat yang lembap dan tidak banyak sinar matahari? Tidak diragukan lagi bahwa kurangnya ventilasi di rumah menyebabkan ruangan menjadi kurang akan sinar matahari dan lembap, terutama di sudut rumah, yang mengundang rayap untuk bertandang dan merusak berbagai perabotan di dalamnya.

Oleh karena itu, pastikan ventilasi rumah Anda memadai dan memungkinkan sudut sudut ruangan terkena sinar matahari. Ini akan membuat rumah lebih kering dan udara dapat masuk dengan bebas, sehingga perabotan kayu tidak mudah diserang rayap.

2. Menurunkan Temperatur Ruangan

Jika Anda menggunakan AC, cara berikutnya untuk menghilangkan rayap di rumah adalah dengan menurunkan suhu di area dengan banyak furniture kayu. Karena rayap tidak hanya membenci suhu panas dari sinar matahari, tetapi mereka juga tidak suka suhu terlalu dingin, meskipun mereka tinggal di lingkungan yang lembab. Akibatnya, Anda dapat menggunakan karakteristik rayap ini untuk membasminya. Untuk menghilangkan rayap dalam waktu singkat, atur AC pada suhu rendah di ruangan dengan banyak perabotan kayu atau letakkan furniture tersebut langsung di bawah AC.

3. Menggunakan Kapur Barus atau Kapur Semut

Anda dapat mengusir rayap dari rumah dengan kapur semut atau kapur barus yang tersedia untuk dibeli. Kedua bahan ini dianggap sangat efektif untuk membasmi rayap karena lokasi rayap biasanya terselubung jauh di dalam kayu. Karena itu, kapur dapat langsung masuk ke lokasi rayap bersembunyi dan membasminya secara menyeluruh.

4. Menggunakan Sabun Air

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rayap di rumah adalah dengan menggunakan air sabun. Bahan ini dapat mengganggu sistem pernapasan rayap, menyebabkan mereka mati cepat karena kekurangan oksigen. Jika dibandingkan dengan cairan kimia lain, air sabun mudah ditemukan di mana-mana. Membasmi rayap di rumah dengan air sabun ini tidak memerlukan usaha yang signifikan. Agar lebih encer, Anda dapat melarutkan sabun cair atau menggunakan sabun yang sudah memiliki tekstur seperti air. Kemudian masukkan ke dalam botol semprot atau wadah spray, dan semprotkan air sabun ke bagian rumah yang diserang rayap.

5. Air Garam

Salah satu bumbu dapur yang harus ada di setiap rumah tangga adalah garam. Menggunakan air garam sebagai bahan pembasmi rayap tentunya mudah dilakukan. Dengan cara yang sama seperti sebelumnya, campurkan garam dengan air dan masukkan ke dalam wadah spray. Kemudian semprotkan air garam dalam wadah ke furnitur kayu yang diserang rayap. Air garam ini nantinya akan membuat rayap lemas dan akhirnya mati perlahan. Cara ini patut dicoba karena membasmi rayap di rumah tidak membutuhkan banyak usaha.

6. Gunakan Dynomite 

Apabila Anda tidak mau repot, bisa menggunakan cairan pembasmi rayap yaitu Dynomite EC100 yang ampuh dan efektis membasmi raya secara tuntas. Anda tinggal menyemprotkan di permukaan yang banyak terdapat rayap.